Minggu, 12 Juni 2011

Tutorial II (Tugas Tambahan Aplikom II)

1. Perbaiki foto over exposure.

Over Exposure yang artinya kelebihan pencahayaan, kalau di fotografer terlalu banyak cahaya yang masuk, bisa dari lampu Flash atau cahaya matahari. Yang disebabkan oleh bukaan diafragma yang terlalu besar atau speed ( kecepatan rana ) yang rendah. Hal ini sering terjadi bagi pemula, terutama bila senang memakai mode Manual.
Untuk memperbaiki, ikuti panduan berikut.

After

After

Cari foto yang Over Exposure File> Open

Overexposed2

Overexposed2

Overexposed3

Overexposed3

Layer> Duplicate Layer

Atau tekan Ctrl+J. Ganti Blen Mode dari Normal ke Multiply, Opacity 50%

Overexposed4

Overexposed4

Tekan Ctrl+J berulang-ulang sampai sesuai yang diinginkan.

Overexposed5

Overexposed5

Setelah sesuai, klik Layer > Flatten Image ( Photoshop CS2 ) agar kalau di SAVE langsung berupa JPEG file seperti semula, tidak berbentuk PSD

File> Save

Overexposed6

Overexposed6

Sumber: http://photoshop88.wordpress.com/2009/09/26/cara-memperbaiki-foto-overexposure/




2. Cara Membuat Seleksi Menggunakan Quick Mask


Langkah 1
Masukkan gambar pada lembar kerja photoshop dengan cara klik Menu File > Open.
Disini saya menggunakan gambar di bawah ini, anda bisa menggunakan gambar lain yang terpenting adalah mengikuti petunjuk dan teknik pembuatan seleksinya.
Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Quick MaskLangkah 2
Pada mode quick mask kita dapati bahwa bagian yang tidak dipilih akan terbungkus lapisan berwarna merah, istilahnya RUBYLITH. Pada gambar di atas kita akan memisahkan gambar cewek yang berlatih up side down. Klik mode quick mask pada tool box kemudian tekan ALT+Del untuk menutup gambar dengan rubylith.
Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Quick MaskLangkah 3
Pilih Brush tool, merupakan tool yang paling dasar untuk penyuntingan quick mask. Untuk mengaktifkannya tekan keyboard B. Gunakan brush standart saja yaitu brush berbentuk lingkaran. Atur hardness menjadi 100% untuk gambar high resolution dengan pojokan kontras atau hardness 0% untuk gambar dengan pojokan blur.
Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Quick MaskLangkah 4
Atur warna latar depan dan belakang (Background dan Foreground), tekan tombol keyboard D untuk menampilkan warna latar depan dan belakang secara default, yakni hitam dan putih. Untuk menukar warna foreground menjadi background kita tinggal tekan X aja. Lalu sapu gambar. Ingat daerah yang akan dipilih, kita sapu dengan warna latar depan putih. Untuk menambahkan rubylith, kita sapu dengan warna latar depan hitam.
Untuk langkah awal sapukan brush dengan ukuran kecil pada keseluruhan tepi gambar yang ingin diseleksi. Jika kesulitan menggunakan brush dengan tampilan / view yang kecil Anda bisa besarkan view menggunakan klik Menu View > Zoom In dan mengecilkan view menggunakan klik Menu View > Zoom Out. Penggunaan menu view lebih lengkan silakan akses link berikut.
Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Quick Mask
Selanjutnya sapukan brush yang lebih besar pada gambar yang ingin diseleksi pada bagian tengah, cara ini akan mempercepat menghilangkan rubilith pada gambar yang akan diseleksi. Untuk memperkecil brush tekan tombol keyboard [ dan untuk meperbesar brush tekan tombol keyboard ]. Ini hasil dari menyapukan brush untuk menghilangkan rubilith.
Notes :
Pada bagian rambut / bagian rumit untuk sidapukan brush maka atur flow dan opacity menjadi 15% agar terlihat samar.
Hasilnya gambar cewek upside down tidak lagi berwarna merah.
Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Quick MaskLangkah 5
Jika kita sudah mendapatkan mask yang dinginkan, klik ikon Quick Mask sekali lagi untuk unmask atau tekan Q untuk beralih ke mode standar, keluar dari quick mask. Seleksi secara otomatis mengelilingi gambar cewek.
Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Quick Mask
Seleksi sudah jadi, siap digunakan sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita. Jika Anda berminat untuk berlatih atau membutuhkan source photoshop PSD untuk mencoba artikel ini silakan download pada link gambar berikut:

Kesimpulan :
Membuat seleksi photoshop menggunakan quick mask membutuhkan proses yang lama dengan hasil kurang maksimal, berbeda dengan seleksi menggunakan color range dan seleksi channel yang bisa juga digunakan untuk seleksi objek rumit. Namun pada beberapa kondisi gambar, seleksi menggunakan quick mask sangat bisa diandalkan.

Sumber: http://www.illusion-design.co.cc/2010/12/seleksi-menggunakan-quick-mask-adalah.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar